TARIAN KHAS PACITAN


Cerita singkat Terciptanya tari kethek ogleng.

Sejak tahun 1993 sebenarnya Pacitan telah memiliki tarian khas yang berjudul kethek Ogleng. Tapi kalau kita memperhatikan perkembanganya nasib kethek ogleng tidak seheboh Remo, Gambyong, atau Reog ponorogo. Masalahnya tidak terletak pada kualitas tarian, tetapi sulitnya perkembangan kethek ogleng di wilayahnya sendiri mungkin kurangnya perhatian masyarakat dan pemerintah Pacitan terhadap tarian tersebut.

Menyadari hal tersebut tulisan blog ini hanya sebagai upaya pengenalan tari kethek ogleng kepada kalayak luas, sehingga kita sebagai warga pacitan tersentuh dalam upaya pengembangan dan pelestarianya.

Sutiman (Sukiman) tinggal di daerah pegunungan dan terpencil, tepatnya di Ds. Tokawi Kec. Nawangan Pacitan. Disekitar daerah tempat tinggalnya hanyalah hutan belantara yang banyak dihuni binatang kera. Dia hanya lulus SR ( Sekolah Rakyat Setara SD) dan tanpa bekal ketrampilan menari. Dengan keterbatasan tersebut, ternyata tidak menyurutkan kreatifitas seorang Sutiman yang telah mampu menciptakan sebuah tarian rakyat yang melegenda..




artikel ini saya ambil dari Buku pembelajaran kesenia MGMP Kab. PACITAN

Popular posts from this blog

Menampilkan tanggal fastreport delphi

Android C2DM (Cloud to Device Message) adalah

Menambahkan data pada TreeView delphi dari database mysql